* Gambar hanya sebagai Ilustrasi

Pernyataan Sikap PKSN Badan Eksekutif Mahasiswa Universitas Halu Oleo

World Education

BEM UHO : Kawal Penegakan Hukum Terhadap Kasus Kekerasan Seksual kepada dua orang anak di Kota Bau-Bau!


            Sehubungan dengan Kasus Kekerasan Seksual Terhadap anak yang terjadi kepada dua orang anak di Kota Bau-Bau, kami selaku Kementerian Pencegahan Kekerasan Seksual dan Narkotika Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Universitas Haluoleo meminta Pihak Kepolisian Melakukan Penyidikan dan upaya penegakan hukum terhadap dua orang anak di Bau-Bau Sulawesi Tenggara dengan mengutamakan prinsip pendampingan, pemulihan, dan penegakan hukum berdasarkan Perspektif Korban.

Dari Kasus Kekerasan Seksual Terhadap Anak Tersebut, Badan Eksekutif Mahasiswa UHO Menyatakan Sikap Sebagai Berikut :

  1. Turut berbela sungkawa dan berduka cita sedalam-dalamnya atas kejadian kekerasan seksual yang menimpa dua orang anak di Bau-bau, Sulawesi Tenggara.
  2. Mengutuk keras segala bentuk Tindak Pidana Kekerasan Seksual terutama yang terjadi kepada anak, yang dapat mengganggu fungsi tubuh, reproduksi, dan sosial korban.
  3. Menyerukan upaya Pendampingan, Penyidikan, penegakan hukum yang berprinsip kepada Perspektif Korban, Empati, dan Non-Diskriminatif.
  4. Menyerukan tegaknya keadilan yang bagi korban dan keluarga korban serta keadilan bagi seluruh rakyat Indonesia melalui pengusutan tuntas berdasarkan hukum terhadap pelaku dan semua pihak yang terlibat dalam Tindak Pidana Kekerasan Seksual terutama terhadap anak yang terjadi di Bau-Bau, Sulawesi Tenggara.
  5. Menyerukan seluruh. elemen masyarakat di tanah air maupun seluruh dunia untuk selalu bersinergi menciptakan ruang aman dan nyaman bagi korban Kekerasan seksual. bersatu memegang teguh prinsip bernegera dan berbangsa satu dalam memberantas Tindak Pidana Kekerasan Sesksual demi Menjaga Keutuhan Negeri.

Demikian pernyataan sikap dan seruan kami sebagai bentuk keprihatinan terhadap situasi yang terjadi terkait Kekerasan Seksual terhadap Anak yang terjadi Bau-Bau dan juga sebagai bentuk dukungan moral bagi setiap pihak yang terlibat untuk terus berupaya terbaik dalam memberantas Kekerasan Seksual Kiranya Tuhan Yang Maha Esa selalu menyertai doa, harapan dan perjalanan bangsa kita.

           

Hormat Kami,

Badan Eksekutif Mahasiwa Universitas Halu Oleo

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *